Belitung Timur

Belitung Timur merupakan kabupaten yang terbentuk berdasarkan undang-undang Nomor 5 Tahun 2003, dengan Ibu Kota Manggar, dengan letak wilayah 107º 45′ – 108º 18′ Bujur Timur dan 02º 30′ – 03º 15′ Lintang Selatan. Kabupaten Belitung Timur berbatasan dengan :

1. Sebelah Barat dengan Kabupaten Belitung
2. Sebelah Timur dengan Selat Karimata
3. Sebelah Selatan dengan Laut Jawa
4. Sebelah Utara dengan Laut Cina Selatan

Wilayah Kabupaten Belitung Timur merupakan pemekaran dari Kabupaten Belitung dengan yang memiliki luas wilayah daratan 2.506.910 Km² dan terdiri dari 4 Kecamatan dan 30 Desa. Jumlah penduduk pada awal Tahun 2008 tercatat 98.686 jiwa yang terdiri dari barbagai etnis suku di Indonesia termasuk keturunan Cina.

Penduduk asli berasal dari etnis Melayu dan semua etnis ini hidup berdampingan, saling berbaur dengan suku-suku pendatang, bahkan banyak menjadi perkawinan antar etnis.

Sebagian besar penduduk memeluk agama Islam dan selebihnya beragama Katolik, Protestan, dan Budha. Rasa sosial dan gotong royong masih sangat menonjol pada masyarakat Belitung Timur. Hal ini tercermin dalam setiap kegiatan khususnya penyelenggaraan upacara adat seperti Acara Maras Taun.

Kabupaten Belitung Timur dikenal juga sebagai daerah penghasil Timah, Kaolin, Pasir Kwarsa, Lada Putih, dan hasil laut berupa hasil tangkapan ikan-ikan segar.

Daerah ini juga mempunyai aset potensi pariwisata yang sangat menjanjikan dengan letak yang strategis seperti Pantai Lalang Manggar,Pantai Serdang Manggar,Pantai Burung Mandi,Pantai Bukit Batu,Pantai Selindang , Pantai Keramat , Pantai Olei Pier , Pantai Sengaran ,

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Belitung Timur,di pastikan akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat menikmati salah satu objek Wisata Belitung Timur.

Iklan

Tentang kangsuhen

seorang blogger
Pos ini dipublikasikan di Bangka Belitung dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s